Syarat Pendirian Usaha / Bisnis Travel

Sebelum anda memutuskan bergabung  ada beberapa gambaran dan cara mendirikan bisnis ini ,berikut gambaran beberapa proses syarat dan beberapa alternatif cara memulai bisnis Travel Agent.
  • Menidrikan Baru
Syarat Mendirikan Usaha Agen Perjalan maupun Biro Perjalanan Wisata
  • Aspek Legalitas
  1. Akte CV atau Pendirian Peseroan Terbatas khusus Pariwisata : Notaris
  2. Domisili : Kantor Kecamatan
  3. NPWP : Kantor Pajak Setempat
  4. SITU  Surat Izin Tempat Usaha : Pemda Setempat
  5. SIUP Surat Izin Usaha Perdagangan : Pemda Setempat
  6. SIUP Surat Izin Usaha Pariwisata : Dinas Pariwisata Setempat
(kebutuhan legalitas lain daerah terkadang sedikit berbeda sesuai dengan aturan Otonomi Provinsi/Kota/Kabupaten setempat)

Setelah mengantongi Perizinan ini dengan copy lengkap  dilanjutkan bila memang dirasakan perlu menjadi anggota ASITA ( Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies ), ASTINDO (Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan)
Dikarenakan beberapa Airlines Domestik mensyaratkan nomer keanggotaan ASITA apabila mengajukan permohonan untuk menjadi AGENT RESMI nya.
Persyaratan pengajuan keagenan Airlines domestik, beda airlines beda aturan, ada yang cukup simple tinggal menyediakan dana deposit 2, 3 juta sudah dapat menjadi agent resmi dengan fasilitas booking sendiri, atau melalui KANTOR CABANG PENJUALAN (semacam GSA) ini juga tidak terlalu memerlukan birokrasi berarti ,tetapi ada pula yang mensyaratkan bukti penjualan bahkan audit dari akuntan publik penjualan selama 1 tahun dan syarat tambahan lainnya.
Biasanya setelah melalui tahapan waktu 2-3 taun baru meningkat untuk mengajukan permohonan Akreditasi IATA Agent dimana fungsi dan kelebihan Agent IATA ini adalah dapat melakukan penjualan Tiket Penerbangan International member dari IATA (International Air Transport Association ), dengan syarat yang lumayan berat.

Seiring dengan berjalannya waktu ada cara cara mudah yang membantu niat para investor (New Comer) untuk memulai jenis usaha Travel Agent yang yang ada saat ini baik untuk personal maupun melengkapi dengan counter dan kantor al :
  • Menjadi Sub Agent biasa :
Mengadalkan Letter of Guarantee bermitra dengan TRAVEL AGENT yg sudah AGENT RESMI , atau direct dengan Letter of Guarantee ke AIRLINES dengan berbagi komisi, mapun cost transport pengambilan tiket ke kantor pusat AIRLINES.
  • Menjadi freelence Marketing
Menjadi member suatu web dan kadang ada yang meminta uang dengan nominal seratus dua ratus ribu , ini  anda sebagai member  hanya menjadi perpanjangan tangan dengan mencari pelanggan sendiri dan nantinya akan dilayani dan berbagi komisi yang  ditentukan  oleh  travel itu. ( Menjadi Sales/Marketing yang tidak dibayar ).
  • Menjadi member Online System
Dengan angka tertentu bergabung dengan nominal yang dibayar joining fee, mountly fee, yearly fee dengan aturan aturan tata niaga yang di tetapkan sepihak, termasuk pembagian komisi maupun angka angka deposit deposit, dan jumlah user log in airlines yang di share. Yang pada dasarnya hanya menjadi sub agent dan perpanjangan penjualan perusahaan tersebut.
  • Franchise
Membayar fasilitas kantor induk dan memmanfaatkan supervisi kantor induk untuk melayani konsumen dengan id dan user dari kantor induk tetapi fasilitas ini dikarenakan dengan syarat syarat tertentu memerlukan biaya dan belajar usaha biro perjalanan yang luar biasa mahal (minimal 50 jt-500 jt) , biasanya apabila si investor ikut terlibat didalamnya tidak lama akan melepaskan diri dari induknya, yang biasanya dengan alasan kurangnya supervisi, dan merasa tetap Sendirian mencari konsumen pelanggan di area dimana berdiri bukan kiriman dari induknya.
  • Menjadi Kantor Cabang
Bermitra ada yang harus membayar angka tertentu ada yang karena relasi gratis, dengan investasi sendiri tempat dan peralatan kantor, karena kantor Pusat merasa melakukan perluasan jaringan (simbiosis mutualisma), mengurus perizinan legalitas kantor cabang. Kantor cabang dengan Pusat sudah menjadi agent resmi maskapai proses permohonan keagenan tidak sesulit kantor pusat.
About us Oneholiday dijelaskan bahwa One Holiday adalah alat bantu,  buat anda biar per orangan mapun Travel agent baru berdiri maupun lama dapat menjadi mitra.
ONE HOLIDAY menyediakan beberapa fasilitas booking airlines GARUDA, LION, BATAVIA, CITILINK, MERPATI, KARTIKA, MANDALA. dengan fasilitas ini tentunya user dapat melakukan dan mempercepat pelayanan pada pelanggan ketika menanyakan jadwal, ketersedian kursi, pemilihan kursi, memilih dan menawarkan harga promo, dan langsung pula dapat melakukan pemesanan (create code booking=PNR). Dan pada saatnya dapat Cetak tiket sendiri pula dengan tetap dibagi komisi (modal dibawah harga tercetak di tiket), dan sesuai aturan penerbangan. Dan beroperasi 24 jam sehari. Dan untuk International flight di support oleh system GDS ABACUS, yang berbasis WEB.
User one holiday dapat pula melayani pemesanan voucher hotel, pemesanan sewa transport , Paket Tour, baik Nusantara maupun manca negara , untuk manca negara di support oleh GTA  Travel , terkhusus untuk produk selain airlines ini adalah support dari TRAVEL AGENT TERPERCAYA dari lokal daerah masing masing yang bertindak sebagai supplier ONEHOLIDAY, dengan memanfaatkan jaringan relasi founder / pemilik ONEHOLIDAY  dalam ASOSIASI PROFESIONAL PARIWISATA INDONESIA (ASPPI), yang tentunya sedikit banyak membuat harga akan kompetitif, dan tidak tertutup kemungkinan user Agent baru kelak menjadi user Supplier juga.Dimana artinya anda kelak bukan hanya sebagi pembeli tetapi terbuka juga untuk memasarkan product lokal anda.
Dengan penjelasan diatas semoga anda dapat sedikit memahami realita dan peluang peluang yang ada.
Dan terbuka kesempatan untuk menjadi besar dan berdiri sendiri
Share
Beliin cendol dong bos..

4 komentar:

  1. Artikel bagus mbak.... Salam kenal za...

    BalasHapus
  2. makasih.. wah ikutan SMS yah?bikin sendiri apa beli hehe?

    BalasHapus
  3. busyet deh panjang banget syarat2nya...ribet ya bos...btw pertanyaannya sobat tentang sitemap blog saya, itu otomatis koq, sebuah widget karya dari abu-farhandotcom.

    BalasHapus
  4. klo jd guide, marketing, atau pengelola di kantor cabang sendiri apa syarat nya ni. kayaknya untuk mendirikan nya sendiri agak ribet... mohon petunjuk...
    ini email saya. iphoel_mbozo@yahoo.com

    makasih banyak
    dari

    iphoe

    BalasHapus

author
Aris Wirawan
Seorang internet marketing enthusiast. Sedang mengoptimasi dan mengautomasi bisnis dengan partner menggunakan teknologi informasi terkini.